Jamur baca SMK Perbankan Riau

Kegiatan Jamur Baca SMK Perbankan Riau

Latar Belakang

Membaca adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar. Dengan membaca semua orang akan mengetahui sesuatu hal yang tadinya tidak tahu. Bukankah ada istilah buku adalah jendela dunia. Bagi sesorang yang tidak suka jalan karena alasan sibuk atau tidak mempunyai budged yang cukup tidak perlu berkeliling dunia untuk mengetahui segalanya. seseorang hanya cukup bermodalkan buku dan kamu akan tahu segala isi dunia. Bukankah belum tentu orang suka traveling mengetahui segala hal mengenai tempat yang dia kunjungi karena mungkin tujuan seseorang traveling hanya untuk menghilangkan penat stres otaknya bukan untuk mengetahui sejarah tempat travelingnya.  Sejak memasuki dunia sekolah anak-anak telah diajarkan bagaimana caranya membaca dimulai dari mengenal huruf, mengeja dan menyambung huruf menjadi sebuah kata hingga kalimat. Bahkan terkadang orang tua terjun langsung berperan sebagai seorang guru di rumah atau mendatangkan guru private ke rumah untuk mengajari anaknya membaca.

Salah satu fasilitas sekolah adalah menyediakan ruang khusus untuk siswa bebas membaca dan mencari informasi terkait pelajaran atau dunia pendidikan yang sering kita sebut ruang membaca atau perpustakaan. bahkan perpustakaan adalah fasilitas yang harus dimiliki sebuah sekolah karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan berbagai buku pembelajaran yang akan menunjang kelancaran proses belajar siswa.Untuk meningkatkan dan menjaga kualitas jamur baca diperlukan kerjasama antara kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan siswa. Strategi-strategi dan pendataan taman baca semuanya tercantum dalam program kerja jamur baca.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Meningkatkan minat membaca siswa
  2. Menjadikan siswa lebih mempunyai kreatifitas yang tinggi.
  3. Melatih siswa dalam membaca buku-buku yang bersifat umum maupun khusus
  4. Memotivasi siswa untuk dapat mengetahui apa yang belum mereka ketahui
  5. Mengajarkan siswa belajar untuk memahami apa yang mereka ketahui

 

III. SASARAN

Seluruh Siswa-siswi SMK Perbankan Riau

Sasaran menuju jamur baca ini meliputi:

  1. Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam membaca
  2. Menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih
  3. Menjadikan siswa yang terampil dan siap pakai dalam bidang ilmu pengetahuan

 

PROGRAM KERJA JAMUR BACA

Rencana kerja jamur baca sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Setiap Siswa mempunyai minat yang berbeda setiap masing-masing individu, oleh karenanya sekolah membuat program ini untuk meningkatkan lagi minat baca siswa khususnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk para guru dan karyawan SMK Perbankan Riau pada umumnya. Dalam pelaksanaan program kerja ini sangat diharapkan kerjasama antara guru, bidang perpustakaan dan seluruh siswa, agar program ini dapat berjalan sesuai harapan sekolah. Karena tanpa kerjasama program ini tidak akan berjalan dengan baik. Adapun Kegiatan yang dilakukan di jamur baca ini adalah:

Masing-masing jamur melibatkan 2 siswa, 1 orang guru dan juga bagian perpustakaan. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab pada hari yang telah ditentukan untuk menjalankan piket harian. Baik dari pengisian jam berkunjung maupun pada peminjaman buku. Tanggungjawab yang sepenuhnya haruslah dijalankan dengan sebaik-baiknya agar porgram ini dapat berjalan dan berkembang. Siswa Yang bertugas sebagai piket harian harus bersikap tegas agar pengunjung dapat menjaga kebersihan jamur baca ini. petugas juga harus bisa mengajak para siswa yang lainnya dapat membaca di jamur baca tersebut, karena dengan ramainya siswa yang membaca maka akan berkembanglah ilmu dan pengetahuan siswa SMK Perbankan Riau.

 

PROGRAM KERJA LITERASI SEKOLAH

Rencana kerja Literasi sekolah ini diciptakan karena program ini sangat berhubungan dengan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas bersama guru Bahasa Indonesia. Program kerja ini selain bisa di kembangkan di dalam kelas, juga bisa pada perpustakaan sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Setiap Siswa mempunyai minat yang berbeda setiap masing-masing individu, oleh karenanya sekolah membuat program ini untuk meningkatkan lagi minat baca siswa khususnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk para guru dan karyawan SMK Perbankan Riau pada umumnya. Dalam pelaksanaan program kerja ini sangat diharapkan kerjasama antara guru, bidang perpustakaan dan seluruh siswa, agar program ini dapat berjalan sesuai harapan sekolah. Karena tanpa kerjasama program ini tidak akan berjalan dengan baik. Adapun Kegiatan yang dilakukan pada Literasi ini adalah:

Pelaksanaan Literasi ini akan digelar pada minggu kedua setiap bulannya. Yang mana pada minggu kedua tersebut akan dikumpulkan seluruh siswa baik dari kelas X, XI,dan kelas XII di lapangan. Seluruh siswa sengaja dikumpulkan untuk menyaksikan serangkaian acara, diantaranya yaitu penampilan siswa yang lulus seleksi dalam pembuatan sebuah karya. Yang mana karya yang akan ditampilkan itu berupa:

  1. Pembacaan puisi
  2. Pembacaan pantun
  3. Pembacaan syair
  4. Pembacaan cerpen
  5. Gurindam
  6. Resensi novel

Acara tersebut mempunyai rentang waktu dimulai dari pukul 07.00 hingga 07.45. Dalam kegiatan ini siswa yang dipilih akan ditampilkan satu persatu untuk meampilkan hasil karya siswa tersebut, dengan di pandu oleh guru. setelah semua siswa tampil, kemudian siswa akan diberikan apresiasi dari sekolah berupa hadiah yang pastinya sangat bermanfaat bagi siswa. Dalam kegiatan ini guru juga akan melibatkan siswa sebagai pembawa acaranya. Yang mana siswa tersebut berasal dari siswa yang sudah terlibat pada kegiatan jamur baca.

Untuk meningkatkan dan menjaga kualitas dari program literasi ini diperlukan kerjasama antara kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan siswa. Strategi-strategi dan pendataan literasi semuanya tercantum dalam program kerja literasi.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Meningkatkan kreatifitas siswa dalam berkarya
  2. Menjadikan siswa lebih mempunyai kreatifitas yang tinggi.
  3. Melatih siswa agar mempunyai jiwa seni
  4. Memotivasi siswa siswa yang mempunyai kemampuan dalam seni namun belum sempat dikembangkan.

III. SASARAN

Seluruh Siswa-siswi SMK Perbankan Riau

Sasaran menuju Literasi Sekolah ini meliputi:

  1. Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam berkarya baik fiksi maupun nonfiksi
  2. Menambah ilmu pengetahuan dalam bidang seni
  3. Menjadikan siswa yang terampil serta mampu berimajinasi sesuai yang mereka kuasai

 

PROGRAM KERJA READING DAY

Rencana kerja Reading Day sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Setiap Siswa mempunyai minat yang berbeda setiap masing-masing individu, oleh karenanya sekolah membuat program ini untuk meningkatkan lagi minat baca siswa khususnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk para guru dan karyawan SMK Perbankan Riau pada umumnya. Dalam pelaksanaan program kerja ini sangat diharapkan kerjasama antara guru, bidang perpustakaan dan seluruh siswa, agar program ini dapat berjalan sesuai harapan sekolah. Karena tanpa kerjasama program ini tidak akan berjalan dengan baik. Adapun Kegiatan yang dilakukan pada Reading Day ini adalah:

Pelaksanaan Reading Day ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga setiap bulannya. Yang mana pada minggu ketiga tersebut akan didatangkan langsung oleh penerbit Erlangga sebuah mobil yang berisikan 300 jenis buku bacaan. Buku-buku tersebut akan dikeluarkan oleh Tim dari Erlangga untuk dibagikan kepada seluruh siswa, dengan menggunakan absensi siswa. Begitu juga pada proses pengembalian buku tersebut harus berdasarkan absensi. Dalam kegiatan ini siswa akan dibimbing oleh masing-masing wali kelas, yang mana wali kelas memantau langsung siswanya. Disana wali kelas bisa melihat langsung siapa siswanya yang memiliki minat baca yang tinggi atau yang tidak sama sekali.

Acara Reading Day ini mempunyai rentang waktu yakni mulai dari pukul 07.00 hingga 07.45. Siswa dipersilahkan membaca buku bacaan yang sudah dibagikan oleh Tim dari erlangga. Pada 15 menit terakhir pihak erlangga akan menunjuk siswa yang bersedia menyampaikan hasil dari bacaannya tadi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pemberian motivasi kepada siswa agar lebih serius lagi pada kegiatan ini, terutama dalam membaca buku. Selain itu pihak erlangga juga akan memberikan hadiah berupa cendramata dari penerbit erlangga kepada siswa yang bersedia tampil ke depan. Kegiatan ini akan dipandu langsung oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia. Siswa yang ditampilkan pada hari itu sekitar 2 siswa, mengingat waktu pelaksanaan Reading Day ini sangat terbatas.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Meningkatkan minat membaca siswa
  2. Menjadikan siswa lebih mempunyai kreatifitas yang tinggi.
  3. Melatih siswa dalam membaca buku-buku yang bersifat umum maupun khusus
  4. Memotivasi siswa untuk dapat mengetahui apa yang belum mereka ketahui
  5. Mengajarkan siswa mampu berimajinasi tinggi

III. SASARAN                

Seluruh Siswa-siswi SMK Perbankan Riau

Sasaran menuju Reading Day ini meliputi:

  1. Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam membaca
  2. Menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih
  3. Menjadikan siswa yang terampil dan siap pakai dalam bidang ilmu pengetahuan
  4. Menjadikan siswa lebih menyukai membaca