Kegiatan Literasi Kimia

Senin, tanggal (5/11/2018) bertempat dihalaman lapangan SMK Perbankan Riau dilaksanakan kegiatan literasi kimia.  Literasi Kimia ini bertujuan agar siswa lebih kreatif, imajinatif, dan mampu bekerja sama dalam team. Penampilan literasi kimia ini dilakukan oleh siswa dan siswi jurusan X-TKJ dan X-MM.

Adapun literasi kimia yang kami tampilkan adalah atraksi balon ilmiah. Dengan adanya literasi ini, maka akan menambah wawasan dan pengetahuan siswa.

Balon adalah suatu benda yang terbuat dari karet yang dapat ditiup dan akan mengembang karena adanya tekanan gas. Balon biasa digunakan anak-anak saat bermain, balon juga dapat dijadikan sebagai sarana penghias ruang saat akan mengadakan acara ulang tahun. Balon terbagi menjadi dua macam, yaitu balon mainan dan balon udara.

Selama ini, banyak orang mengira balon hanya mengembang karena seseorang yang meniupnya. Namun, balon juga dapat mengembang dengan adanya campuran cuka dan soda. Hal tersebut tentunya lebih praktis, sederhana, dan mudah dilakukan.

Menurut Ibu Yossy Syafrianti, S.T. sebagai guru mapel kimia¬†“Mengharapkan dengan dengan adanya literasi ini, maka akan menambah wawasan dan pengetahuan siswa, sehingga para siswa dan siswi dapat mengetahui hal-hal yang baru”.