KMD Pramuka

 

 

 

Sebanyak 26 tenaga pendidik SMK Perbankan Riau, mengikuti pendidikan dan pelatihan, Kursus Mahir Dasar (KMD)tingkat Penegak.

Pelatihan ini diberikan pihak sekolah untuk menambah kompetensi yg di memiliki tenaga pendidik dibidang Kepramukaan. bersertfikat KMD. Pendidikan dan pelatihan dibuka oleh Sekretaris KWARCAB. Ario Wibowo, SE pada hari sabtu 7/9 di aula SMK Perbankan Riau.

Sekretaris Kwarcab Ario wibowo mengingatkan, pentingnya pelatihan KMD untuk menyiapkan tenaga pendidik agar menjadi pembina di SMK Perbankan Riau bersertifikat, sesuai ketentuan UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Dan berkaitan dgn K13, khususnya ekstrakurikuler, Pramuka wajib dilaksanakan.

“Sesuai dengan ketentuan. semua tenaga pendidik wajib memiliki sertifikat KMD termasuk kepala sekolah sebagai Kamabigus. wajib sebagai pembina pramuka dalam kaitan melaksanakan K13,” kata Ario Wibowo

Disebutkan Ario wibowo, pendidikan Pramuka, bertujuan meningkatkan pembinaan
karakter siswa, ketakwaan terhadap tuhan yg maha esa. meningkatkan disiplin, rasa sosial dan menunjang prestasi akademis. “Bagi sekolah yang tenaga pendidiknya belum memiliki sertifikat KMD. diharapkan akan melaksanakan kegiatan ini. Untuk menunjang K13 didalam pembelajaran.

Kepala sekolah SMK Perbankan Riau, Yossy Syafrianti, S.T, M.Pd. juga mengikuti kegiatan tersebut sebagai peserta. Dan berterimakasih kepada Sekretaris Kwarcab Marpoyan damai karna telah membuka pelatihan KMD kepada tenaga pendidik di SMK Perbankan Riau. setelah mengikuti kegiatan KMD dan mendapatkan sertifikat, nantinya lebih optimal melakukan pembinaan kepada siswa khusus pendidikan karakter,” kata Yossy.

Terlebih lagi katanya, pergaulan kalangan generasi muda relatif beragam di tengah berkembangnya teknologi, setidaknya dengan adanya pembina yang handal,  ke depan agar mampu mengawal generasi emas SMK Perbankan Riau .

KMD telah dimulai dan dibuka dihari Sabtu (7/9) diagendakan, hingga Sabtu (28/9). Materi yang diberikan PDK(Prinsip Dasar Kepramukaan, MK (Metode Kepramukaan), Metode Membina, Wadah Pembinaan Penegak, pengertian SKU, (syarat kecakapan umum), SKK(syarat kecakapan khusus), dan(SPG) syarat pramuka garuda).