Pendampingan Penyusunan Prangkat Pembelajaran Teaching Factory

Aktifitas Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Teaching Factory atau Tefa dihari ke-2 yang dilaksanakan pada tanggal 6 September 2018 bersama Bapak Drs.Alman, berjalan dengan baik khususnya di SMK Perbankan Riau. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Serbaguna dengan peserta dari Guru Produktif masing-masing Jurusan, dan dihadiri pula dari oleh Dinas Provinsi yang diwakilkan oleh Ibu Dra.Arni Mulyati. Mengupas tuntas tentang perangkat atau instrumen Pembelajaran Tefa. Banyak hal yang bermanfaat dari kegiatan tersebut, karena Tefa secara umum sebelum adanya Program SMK Revitalisasi, keberadaan Tefa belum menjadikan tempat pembelajaran praktik siswa dan bagian dari implementasi dari Komponen Kompetensi Dasar diantaranya pada pelajaran Kejuruan yang didukung perangkat atau admintrasi kurikulum. 

lepas dengan sebuah aktivitas yang bisa menghasilkan Produk atau Jasa dengan sebuah aktifitas yang dibuat dengan sistem Blok. SMK Perbankan Riau yang saat ini memiliki 5 Paket Keahlian, dari Narasumber menyampaikan Pembelajaran Tefa ini, harus diterapkan pada semua Paket Keahlian yang ada karena hal ini, fungsi dari Pembelajaran Tefa atau keberadaan Tefa di sekolah bisa dikatakan bersifat formal atau terstruktur dalam sub komponen sebagai pendukung perwujudan SMK bernuansa Industri.

 

manfaat dalam pembentukan karakter siswa, peningkatan skill, menciptakan ide atau inovasi, dan pembelajaran marketing atau kewirausahaan. Keterkaitan Tefa tidak pada satu unsur sekolah saja, tetapi akhirnya akan melibatkan unsur luar sekolah, seperti DUDI, Warga Masyarakat, Kedinasan maupun pelaku bidang usaha, yang akhirnya akan saling bersinergi atau ada keterkaitan yang sama-sama bisa saling menguntungkan. Aktifitas Tefa ini, apabila sudah berjalan maksimal, nantinya bisa sebagai pendukung media promosi sekolah atau kepercayaan pada publik.