Praktek Kerja Unit Kesehatan Sekolah (UKS)

Generasi muda merupakan aset bagi tiap bangsa yang diharapkan mampu menjadi kader penerus bangsa di masa depan. Persoalan yang dihadapi oleh generasi muda perlu mendapatkan perhatian pemerintah dan masyarakat agar potensi dan kemampuan yang dimiliki generasi muda mampu diberdayakan secara optimal demi kepentingan bangsa dan bukan hanya sekedar kepentingan kelompok tertentu.

Usaha kesehatan sekolah atau UKS merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah. Menurut Notoatmojo (2007), pendidikan kesehatan dapat menghasilkan perubahan atau peningkatan dan akan berpengaruh pada sikap dan perilaku. Perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku kesehatan dapat meningkatkan ketrampilan dalam melaksanakan hidup sehat.  Sementara menurut Depkes RI (2006), Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat, sehingga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.  Pendidikan kesehatan juga diarahkan untuk membiasakan hidup sehat agar memiliki pengetahuan, sikap, ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta aktif berpartisipasi dalam usaha kesehatan baik lingkungan sekolah, di lingkungan rumah tangga maupun lingkungan masyarakat.

Ruang lingkup program Usaha Kesehatan sekolah tercermin dalam Tri Program Usaha Kesehatan Sekolah (TRIAS UKS) yaitu penyelenggaraan pendidikan kesehatan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

Palang Merah Remaja adalah bagian dari Palang Merah Indonesia yang merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan potensi dan kemampuan generasi muda dibidang kesehatan. Ekstra kurikuler PMR selalu membantu warga Sekolah yang membutuhkan pertolongan, hal ini dibuktikan dengan adanya piket upacara bendera dan piket UKS yang dilakukan setiap jam istirahat.

PMR memberikan bantuan dengan penuh keikhlasan. Segala tindakan yang diberikan tergantung kebutuhan pasien dan dalam pengawasan Koordinator UKS yaitu Bapak Hidayat Sastra Wijaya, Amd.Kep. dan dibantu oleh Pembina PMR yaitu Bunda Laily Maghviroh, S.psi.