UKS

  1. Pengertian

Usaha Kesehatan Sekolah adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur dan jenjang pendidikan mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA serta satuan pendidikan keagamaan termasuk pondok pasantren baik pada jalur perndidikan formal maupun non formal.

 

  1. Visi Misi
  • Membantu generasi sehat, cerdas dan berkualitas yang berakhlakul karimah serta memberdayakan siswa untuk berprilaku sehat mandiri dan berwawasan lingkungan.
  1. Tujuan
  • Agar seluruh siswa dapat berperilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka meningkatkan kesehatan fisik, mental dan sosial sehingga akan terjadi kemandirian, kemampuan dan keunggulan dalam menghadapi kompetisi hidup di era globalisasi.

 

  1. Pelayanan Kesehatan
    1. Kegiatan Peningkatan (Promotif)
      • Latihan keterampilan teknis dalam rangka pemeliharaan kesehatan dan permbentukan peran serta aktif peserta didik dalam pelayanan kesehatan, dalam hal ini yang dimaksud adalah anggota PMR.
      • Pembinaan keteladanan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)
    2. Kegiatan Pencegahan (Preventif)
      • Pemeliharaan kesehatan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus untuk penyakit – penyakit tertentu, antara lain demam berdarah, kecacingan, muntaber.
      • Penjaringan (screening) kesehatan bagi anak yang baru masuk pada ajaran baru.
      • Mengikuti (Memonitor/Memantau) pertumbuhan peserta didik.
      • Konseling kesehatan remaja.
      • Kegiatan penyembuhan dan pemulihan ;

~ Diagnosa dini

~ Pengobatan ringan

~ P3K

~ Rujukan medic

 

  1. Pengendalian Pelaksanaan
    1. Memonitoring
      • Pengelolaan kegiatan,
      • Jenis dan pelaksaan kegiatan,
      • Keberhasilan kegiatan,
      • Upaya pengembangan.
    2. Evaluasi
      • Perubahan tingkat pengetahuan pada umumnya yang berhubungan dengan kesehatan pada khususnya.
      • Perubahan sikap/perilaku dan penghayatan terhadap prinsip dan pola hidup sehat.
      • Perubahan tingkah laku kebiasaan hidup sehari-hari dan keterampilan dalam melaksanakan prinsip pola hidup sehat.
      • Kemampuan hidup sehat dan sederajat kesehatan yang telah terjadi pada peserta didik karena adanya pelayanan kesehatan di sekolah.
      • Tingkat keberhasilan kegiatan pembinaan dan pengelolaan program UKS.
    3. Pelaporan

Pelaporan dilakukan secara tertulis