Hari jumat tanggal 28 Februari 2020 guru dan karyawan SMK Perbankan Riau mengadakan Literasi Guru dalam kegiatan Bedah Buku.

Bedah Buku Oleh: Dela Novita, S.Pd.
Judul: La Tahzan (jangan bersedih)
Tempat : Perpustakaan SMK Perbankan Riau
Hari/Tanggal : Jum’at/ 28 Februari 2020

Materi :
Jangan bersedih karena bersedih itu sangat dilarang, bersedih itu hanya akan memadamkan kobaran api semangat, meredamkan tekad, dan membekukan jiwa. Ibarat penyakit demam yang membuat tubuh kita melemah. Setan sangat menyukai orang yang bersedih. Karena saat kita bersedih kita tidak bisa menjalankan perbuatan baik yang sudah kita niatkan. Kesedihan dapat membuat hidup menjadi keruh. Ia ibarat racun berbisa bagi jiwa yang dapat menyebabkan lemah semangat, krisis gairah, dan galau dalam menghadapi hidup ini. kesedihan memang tidak dapat dihindari dan seorang terpaksa harus bersedih karena suatu kenyataan. Berkenaan dengan ini, disebutkan bahwa para ahli surga ketika memasuki surga akan berkata,“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami”[QS. Fathir: 34]. Menjekaskan kepada kita bahwa bersedih itu mendatangkan pahala dengan cara melawan kesedihan dengan do’a-do’a dan berserah diri kepada Allah SWT.Jika kita diliputi ketakutan, dihimpit kesedihan, dan dicekik kerisauan, maka segeralah bangkit untuk melakukan shalat, niscaya jiwa kita akan kembali tentram dan tenang. Sesungguhnya, shalat itu – atas izin Allah – sangatlah cukup untuk menyirnakan kesedihan dan kerisauan. Para dokter sudah banyak merekomendasikan kepada mereka yang sedang stress menghadapi sesuatu persoalan dan tertekan oleh beratnya hidup, agar melepaskan semua itu dengan berjalan ke tempat-tempat indah yang tak pernah ia kunjungi. Bukan dengan cara mengurung diri dalam kamar yang sunyi bersama kekosongan yang membahayakan merupakan cara ampuh untuk bunuh diri.

Dalam buku tersebut menceritakan bahwa untuk menjadi seorang guru tidaklah mudah, banyak cobaan dan rintangan yang harus dihadapi oleh seorang guru. Namun penulis memberikan semangat dan motivasi bagi seorang guru untuk tetap tabah, sabar, ikhlas, tawakal dan selalu mengajarkan untuk mengingat Allah dimanapun dan kapanpun dia berada. Penulis juga selalu memberi motivasi bagi guru untuk selalu berdo’a dan minta perlindungan hanya kepada Allah. Karena semuanya hanyalah milik Allah semata.

SMK PERBANKAN RIAU "BERANI TAMPIL BEDA UNTUK MENCERDASKAN SDM YANG BRKUALITAS DAN SIAP DALAM ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) "