Kegiatan Literasi Sejarah

Dalam rangka menggerakan kegiatan literasi sekolah, mata pelajaran Sejarah Indonesia mengembangkan kegiatan literasi yang dialksanakan pada hari senin, 24 September 2018 di lapangan SMK Perbankan Riau dari pukul 07.00 – 08.00 WIB, dengan tema “Mengenal Sejarah Indonesia adalah perwujudan semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda”.

Berikut rangkaian kegiatan yang ditampilkan dalam literasi mata pelajaran Sejarah Indonesia:

  1. Pembawa Acara kegiatan literasi mata pelajaran Sejarah Indonesia yaitu dari kelas XII Bank 2: Riri Dwi Wahyuni dan Bobby Putra, mereka mengenakan busana melayu lengkap dengan songket khas melayu.
  2. Penampilan sosio drama manusia pra aksara (prehistoric people), dipersembahkan dari perwakilan kelas X (X AK.2 dan X Bank.1). Sosiodrama ini sebagai ilustrasi bagaimana kehidupan manusia pra aksara (sebelum mengenal tulisan). Pada sosio drama ini terbagi 3 (tiga) kelompok yang menampilkan 3 (tiga) jenis manusia pra aksara yang ditemukan di Indonesia, yaitu Meganthropus Paleojavanicus, Pithecanthropus Erectus dan Homo Sapiens.

 

Ilustrasi kehidupan manusia pra aksara ini disertasi dengan narasi yang dibacakan oleh 3 narrator sebagai keterangan setiap adegan yang diilustrasikan.

  1. Penampilan cosplay fashion show tokoh pahlawan nasional Indonesia, dilanjutkan dengan drama pertempuran para pahlawan melawan bangsa asing yang pernah menjajah. Indonesia.
  2. Penampilan dramatisasi puisi yang berjudul “Untuk Pahlawan Indonesia”, yang dibawakan oleh Efri Anisyah Siregar ( XI Bank.1) dan Indah Pertiwi (XI Bank 2).

Adegan berikutnya dilanjutkan dengan ilustrasi proklamasi pertama 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno yang diperankan oleh Zulkifli (Kelas XI Bank 1).

Penampilan musik menyanyikan lagu “Bendera” milik salah satu band Indonesia “Cokelat” sebagai penampilan penutup yang dimeriahkan dengan bergabungnya seluruh para pemain.