LITERASI MATA PELAJARAN (BAHASA INDONESIA)

Literasi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diadakan pada hari Senin tanggal 27 Januari 2020 merupakan salah satu kegiatan rutin literasi dari beberapa mata pelajaran yang dijadwalkan semester ini.

Arti literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis.

Namun kali ini literasi Bahasa Indonesia yang dilaksanakan menampilkan sesuatu yang berbeda, tidak hanya membaca atau menulis tetapi kali ini memilih literasi visual.

Guru mapel Bahasa Indonesia mempersiapkan siswa untuk menampilkan puisi dan debat. Mengapa materi debat di pilih untuk ditampilkan tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada siswa bagaimana proses debat yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Untuk diketahui, materi debat tidak hanya ada di pelajaran PKn saja tetapi juga ada dalam pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan KD 3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.