Literasi Mata Pelajaran PPKn

 

Kegiatan literasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berlangsung pada pagi senin  26/2/2018. Kegiatan literasi PPKn disambut antusias para siswa yang sudah tidak sabar menyaksikan penampilan para siswa yang sudah sejak awal mempersiapkan diri dengan beberapa latihan.

Adapun penampilan yang dipersembahkan pada literasi PPKn yakni:

  1. Penampilan paduan suara menyanyikan lagu nasional “Indonesia Raya” dilanjutkan lagu daerah “Aposse”.
  2. Penampilan debat kelas dengan mosi debat “Sekolah 8 jam untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)  siswa”
  3. Penampilan tetrikal puisi “Sajak Orang Lapar” karya W.S Rendra. Pada penampilan paduan suara, para siswa mengenakan kostum seragam putih abu-abu dengan selempang bertuliskan nama-nama provinsi yang ada di Indonesia. Adapun makna dan tujuan dari kostum bertuliskan nama provinsi ini adalah mengingat kembali bagaimana luas dan beragamnya negara Indonesia, namun disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika.


Penampilan kedua yaitu debat kelas dengan mosi “Sekolah 8 jam untuk Penguatan Pendidikan  Karakter (PPK)  siswa” diawali dengan “Opening statement, Pembidasan, Closing statement”. oleh kedua tim (masing-masih berjumlah 3 orang).

 

 

 

Penampilan ketiga yang bisa dikatakan penampilan puncak dari rentetan kegiatan yang dipersembahkan mata pelajaran PPKn adalah pertunjukan tetrikal puisi “Sajak Orang Lapar” yang diadaptasi dari puisi karya W.S Rendra. Kegiatan ini melibatkan 11 orang pemain, berkat peran para pemain yang totalitas dan menjiwai setiap karakter yang diperankan mereka, sehingga penampilan terakhir ini mendapat respon yang luar biasa dari penonton. Tetrikal puisi ini menceritakan bagaimana kelaparan itu digambarkan sebagai burung gagak yang licik dan hitam

 

 

SMK PERBANKAN RIAU "BERANI TAMPIL BEDA UNTUK MENCERDASKAN SDM YANG BRKUALITAS DAN SIAP DALAM ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) "