Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK di SMK Perbankan Riau

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK telah Memasuki Tahap Pelaksanaan Ujian TOEIC

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMKS Perbankan Riau telah mengikutsertakan peserta sebanyak 11 siswa yang mengikuti seleksi Viera dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 5 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 23 Oktober 2020, SMKS Perbankan Riau melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi peserta didik yang lolos seleksi. Sebelum melaksanakan ujian, Tim IT melakukan instalasi program aplikasi CBT TOEIC  pada komputer yang akan digunakan peserta didik untuk melaksanakan ujian. Dalam pelaksanaan Sertifikasi ini peserta didik harus mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan, cek suhu, dan memakai handsanitizer sebelum masuk ke dalam ruangan ujian. Peserta didik juga kami ingatkan untuk selalu memakai masker. Supervisor mengawasi ujian melalui video conference dari Google Meet. Test TOEIC di SMKS Perbankan Riau berjalan dengan lancar.

TOEIC bertujuan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Saat ini, kemampuan baik dalam bahasa Inggris telah menjadi tanda ekspansi internasional di tengah meningkatnya ekonomi global dan budaya kerja. Pelaksanaan tes TOEIC sangat bermanfaat untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris para peserta didik dan juga sertifikat TOEIC yang telah memenuhi syarat dapat dipergunakan sebagai persyaratan mendapatkan pekerjaan maupun pendidikan berkompeten ketika peserta didik memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan strata satu di luar negeri nanti.

Program TOEIC sudah semakin berkembang, banyak nya bantuan dari program ini berpotensi meningkatkannya motivasi siswa untuk ikut dan berani berkompetisi  di dunia kerja nantinya.

Bagi SMK Perbankan Riau suatu kebanggaan yang luar biasa jika kami bisa mengantarkan perserta didik dipencapaiannya untuk mendapatkan sertifikat TOEIC. Dengan memiliki sertifikat TOEIC ini, maka akan menambahkan nilai bagus pada Curiculum Vitae yang bisa menjadi nilai Jual dan kesempatan yang besar untuk mendapatkan karir yang cemerlang baik dalam negeri maupun luar negeri.